SIUP: Pengertian, Jenis, Manfaat, Cara Membuat, & Contoh

Dalam membuat suatu usaha baik itu usaha kecil, menengah, atau besar kita perlu untuk membuat sebuah dokumen guna usaha yang dijalankan dianggap sah. Lalu, apa nama dokumen tersebut? Dokumen tersebut dapat kita sebut dengan SIUP. 

Apa itu SIUP? Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak penjelasan lebih lengkap mengenai apa itu SIUP dan beberapa contohnya.

Pengertian SIUP

Sebelum memahami pengertian dari SIUP, perlu kita ketahui apa kepanjangan SIUP. Jadi, kepanjangan dari SIUP adalah Surat Izin Usaha Perdagangan. Dari sini dapat kita ketahui apa pengertian dari SIUP.

Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh pemerintah kepada pelaku usaha untuk menjalankan aktivitas perdagangan secara sah.

Dengan memiliki surat ini, perusahaan dapat melakukan aktivitas jual beli, distribusi, dan perdagangan barang atau jasa secara legal.

Surat ini biasanya diterbitkan oleh Dinas Perdagangan setempat atau instansi terkait setelah perusahaan memenuhi syarat administratif yang telah ditentukan.

Surat izin usaha perdangan berlaku selama perusahaan tersebut terus melaksanakan aktivitas usahanya.

Pengusaha yang termasuk dalam penerima SIUP adalah antara lain pengusaha perorangan, firma, koperasi, CV, PT, BUMN, serta lembaga usaha lainnya.

Usaha yang mendapatkan surat izin usaha perdangan secara otomatis mendapatkan perlindungan hukum.

Sebaliknya, usaha yang tidak memiliki surat izin usaha perdangan berisiko dikenakan sanksi denda sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam Pasal 106 Undang-Undang Perdagangan.

Lalu, apakah surat ini masih berlaku? Perlu diperhatikan bahwa surat ini tidak lagi berlaku setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 mengenai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Dengan diterapkannya aturan terbaru ini, pengusaha dengan risiko rendah dan menengah tidak perlu lagi mengajukan surat izin usaha perdangan sebagai syarat untuk memulai usaha.

Sejak Mei 2018, surat ini telah digantikan oleh NIB (Nomor Induk Berusaha) yang dirancang untuk mempermudah administrasi usaha.

Persyaratan pendaftarannya relatif serupa. Perbedaannya adalah, pelaku usaha akan menerima NIB dan bukan SIUP.

Jenis-Jenis SIUP

jenis-jenis SIUP (sumber: freepik.com)

Berdasarkan skala usaha, surat izin usaha perdangan dibagi menjadi beberapa kategori yaitu mikro, kecil, menengah, dan besar. Berikut penjelasan dari jenis-jenis SIUP adalah antara lain:

1. SIUP Mikro

Jenis pertama SIUP adalah skala mikro. Jenis ini ditujukan kepada pengusaha berskala mikro yang memiliki total modal dan kekayaan bersih kurang dari 50 juta rupiah. Kekayaan tersebut tidak mencakup tanah dan bangunan tempat usaha.

2. SIUP Kecil

Jenis kedua SIUP adalah skala kecil. Jenis ini ditujukan untuk usaha kecil dengan total modal dan kekayaan bersih antara 50 juta rupiah hingga 500 juta rupiah. Sama halnya dengan SIUP mikro, kekayaan yang diperhitungkan tidak mencakup tanah dan bangunan.

3. SIUP Menengah

Jenis ketiga SIUP adalah skala menengah. Tipe ini adalah izin untuk usaha menengah yang memiliki modal dan kekayaan bersih dalam rentang 500 juta rupiah hingga 10 miliar rupiah, tanpa mencakup tanah dan bangunan.

4. SIUP Besar

Jenis terakhir SIUP adalah berskala besar. Perusahaan yang memiliki total modal dan kekayaan bersih sebesar 10 miliar rupiah, dengan pengecualian tanah dan bangunan, harus mengajukan jenis izin yang terpisah.

Manfaat SIUP

Surat izin usaha perdagangan memberikan berbagai manfaat, baik bagi pemerintah maupun pelaku usaha. Lalu, bagaimana bagi para pelaku usaha? Berikut ini manfaat dari SIUP adalah antara lain:

  • Mempermudah administrasi usaha.
  • Menjamin legalitas kegiatan perdagangan.
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Memfasilitasi akses terhadap suntikan modal untuk usaha.

Sedangkan pemerintah, mereka menggunakan surat ini untuk mendata berbagai jenis usaha yang aktif dalam kegiatan jual beli barang dan jasa.

Cara Membuat SIUP

Adapun cara membuat surat izin usaha perdagangan yang dapat Anda jadikan acuan dalam pembuatannya. Pengajuannya dapat dilakukan secara langsung di kantor Dinas Perdagangan setempat dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Membawa dokumen persyaratan yang diperlukan ke kantor Dinas Perdagangan.
  • Isilah formulir yang disediakan oleh petugas dengan lengkap.
  • Menandatangani formulir di atas materai sebagai pertanggungjawaban.
  • Membayar biaya pengurusan sesuai dengan kategori dan lokasi usaha.
  • Menunggu penerbitan surat dalam waktu dua minggu setelah formulir diserahkan.

Namun seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa surat izin usaha perdangan sudah mengalami perubahan menjadi NIB dan prosesnya juga mengalami perubahan menjadi lebih praktis.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat NIB secara online melalui Online Single Submission.

  • Pertama, buat akun di oss.go.id.
  • Setelah itu, isi data usaha dengan benar, termasuk identitas pemegang saham, nilai modal, investasi, dan informasi lainnya.
  • Jika data yang dimasukkan sudah benar dan valid, sistem OSS akan mengeluarkan NIB untuk usaha tersebut.

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan

Setelah memahami pengertian dari surat izin usaha perdangangan, manfaat, jenis, dan cara kerjanya, pastinya perlu kita ketahui juga beberapa referensinya sehingga dapat kita jadikan sebuah acuan. Oleh karena itu, berikut ini contoh SIUP adalah antara lain.

1. Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan

contoh surat izin usaha perdagangan
Sumber (scribd.com)

2. Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan Kecil

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan Kecil
Sumber (dailysocial.id)

Kesimpulan

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang surat izin usaha perdagangan. Dapat kita ambil kesimpulan bahwa SIUP adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh pemerintah untuk memberikan izin kepada pelaku usaha menjalankan aktivitas perdagangan secara sah.

Surat ini memberikan legalitas, memudahkan administrasi, serta meningkatkan kepercayaan dan akses modal bagi pelaku usaha. Namun, sejak Mei 2018, SIUP telah digantikan oleh Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai syarat utama untuk memulai usaha.

Sebagai penutup, jika Anda merasa kesusahan dalam pembuatan surat, percayakan SIPAS untuk membantu Anda dalam masalah tersebut karena kami memiliki berbagai template surat yang mungkin saat ini Anda butuhkan dan tidak tahu dimana harus mencarinya.

Jika Anda tertarik dengan apa yang kami tawarkan, hubungi kontak kami untuk melakukan konsultasi dan mendapatkan informasi lebih lengkapnya.

Artikel Terkait

Dapatkan Informasi Terbaru

Mulai berlangganan dan dapatkan pemberitahuan setiap kami meluncurkan artikel terbaru.

ilustrasi subscription pada website SIPAS