Mengenal Apa itu Surat Mandat dan Contohnya

Untuk seseorang yang akan melaksanakan suatu tugas atau kewajiban pastinya perlunya surat yang berisikan pemberian wewenang. Surat tersebut bisa kita sebut dengan surat mandat.

Lalu apa itu surat mandat? Dalam situasi apakah surat tersebut digunakan? Seperti apakah contohnya? Jangan khawatir karena saat ini Anda pada artikel yang tepat! Tidak perlu bertele-tele lagi, mari kita simak bersama mengenai surat mandat.

Apa itu Surat Mandat?

Menurut Undang-Undang Administrasi Pemerintahan, mandat adalah pengalihan kewenangan dari Badan atau Pejabat Pemerintahan yang lebih tinggi kepada Badan atau Pejabat Pemerintahan yang lebih rendah, dengan tetap menyimpan tanggung jawab dan akuntabilitas pada pemberi mandat.

Pihak berwenang dapat mengalihkan mandat tidak hanya ke satu lapisan di bawahnya, tetapi juga ke beberapa lapisan berikutnya.

Jadi, Surat mandat adalah surat resmi yang berisi pemberian wewenang dari seseorang atau pihak yang memiliki otoritas kepada orang lain untuk melaksanakan tugas atau kewajiban tertentu atas nama pemberi tugas.

Pemberi tugas biasanya menggunakan surat ini ketika tidak dapat menjalankan tugasnya sendiri dan perlu mewakilkannya kepada orang lain. Surat ini mencantumkan informasi seperti nama pemberi dan penerima tugas, tugas yang diberikan, serta jangka waktu berlakunya tugas tersebut.

Fungsi Surat Mandat

Setelah memahami secara singkat mengenai pengertiannya, pastinya surat ini juga memiliki beberapa fungsi yang belum di ketahui oleh orang-orang. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa fungsinya.

  • Menyampaikan informasi atau memberikan penjelasan khusus mengenai suatu tugas atau hal tertentu yang telah dialihkan.
  • Meningkatkan legitimasi, seperti surat tugas yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menegaskan legitimasi Bawaslu di tingkat kabupaten dan kota.
  • Mencatat hubungan antara penerbit dan manajer utama terkait dengan kewajiban yang diajukan.
  • Berfungsi sebagai dokumen yang harus dibawa oleh saksi utusan partai politik yang terlibat dalam Pemilihan Umum untuk diserahkan kepada Ketua PPK.

Ciri-Ciri dari Surat Mandat

Berdasarkan informasi dari djkn.kemenkeu.go.id, berikut adalah beberapa ciri-ciri mandat yang telah ada sebelumnya:

  • Inti dari mandat adalah pelaksanaan tugas.
  • Tanggung jawab jabatan dan akuntabilitas tetap berada pada pemberi mandat.
  • Tanggung jawab pribadi atas mal-administrasi (termasuk tindakan ilegal, penyalahgunaan wewenang, gratifikasi, dan lain-lain) menjadi tanggung jawab pelaku (tidak ada tanggung jawab vicarious atau superior respondeat).
  • Pemberi tugas dapat setiap saat menggunakan wewenang yang telah dimandatkan tersebut.
  • Format dokumen dinasnya biasanya berupa a.n., u.b., a.p.

Contoh Surat Mandat

Agar Anda tidak kebingungan bagaimana cara mengisi surat mandat, berikut ini adalah beberapa contoh surat mandat yang bisa Anda jadikan referensi agar penulisannya tepat.

1. Contoh Surat Mandat Saksi

Surat mandat saksi adalah surat resmi yang memberi wewenang kepada seseorang untuk mewakili atau bertindak sebagai saksi dalam suatu peristiwa atau acara hukum tertentu.

Biasanya mencantumkan identitas pemberi dan penerima mandat serta rincian tugas atau peran sebagai saksi yang harus dijalankan.

Sebagai contohnya, dalam suatu acara pemilu, seorang saksi pemilu wajib melampirkan surat tugas pemilu yang bertujuan untuk menunjuk saksi atau perwakilan dalam kegiatan terkait pemilu, seperti pemantauan tempat pemungutan suara atau penghitungan suara.

Berikut adalah beberapa contoh surat mandat pemilu.

contoh surat mandat saksi
Surat Mandat (sumber:scribd)

2. Contoh Surat Mandat Organisasi

Surat mandat organisasi adalah surat resmi yang memberikan wewenang kepada seseorang atau sekelompok orang untuk mewakili organisasi dalam menjalankan tugas atau kegiatan tertentu.

Biasanya dikeluarkan oleh pimpinan organisasi dan mencantumkan identitas penerima tugas, tugas yang harus dilakukan, serta jangka waktu berlakunya mandat tersebut.

Berikut adalah contoh surat mandat organisasi yang bisa Anda jadikan referensi.

contoh surat mandat organisasi
Surat Mandat (sumber:scribd)

Penutup

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang surat tugas. Pada artikel kali ini, Anda sudah memahami tentang pengertian, fungsi, ciri-ciri, serta beberapa contohnya.

Dapat kita simpulkan surat mandat adalah surat resmi yang memberi wewenang kepada seseorang untuk menjalankan tugas atas nama pemberi tugas, namun tanggung jawab tetap pada pemberi.

Fungsinya mencakup penyampaian tugas, peningkatan legitimasi, dan sebagai dokumen resmi dalam kegiatan seperti pemilu. Ciri utamanya adalah penerima melaksanakan tugas, namun pemberi tetap memegang tanggung jawab utama. Contohnya, ini dapat digunakan dalam pemilu dan organisasi.

Sebagai penutup, jika Anda membutuhkan platform pembuatan surat tugas, percayakan kami SIPAS. Kami menyediakan berbagai template dalam pembuatan surat. Jika Anda tertarik, segera hubungi kontak kami untuk sekedar bertanya tentang kebutuhan surat-menyurat Anda.

Artikel Terkait

Dapatkan Informasi Terbaru

Mulai berlangganan dan dapatkan pemberitahuan setiap kami meluncurkan artikel terbaru.

ilustrasi subscription pada website SIPAS