Mengubah JPG ke PDF Dengan Mudah dan Cepat

JPG ke PDF atau banyak disebut sebagai convert menjadi pencarian yang sering dicari karena memiliki banyak manfaat serta kegunaan. JPG merupakan format file yang berbeda dengan PDF oleh karena itu kedua file ini jika dikonversikan akan dan membutuhkan suatu alat atau website agar dapat dikonversikan dengan mudah.

Konversi dilakukan karena pengguna ingin memiliki file yang berbeda. Maka dari itu dua file yang berbeda harus dilakukan sebuah konversi atau pertukaran dari format file satu ke format file yang lainnya. Dalam dunia komputer atau format pemrograman terdapat banyak format file yang memiliki fungsi berbeda-beda salah satunya adalah JPG dan PDF, lalu apakah pengertian dari format file mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pengertian format file JPG

Format file memiliki pengertian yaitu sebuah struktur yang menyusun dari sebuah file yang dimiliki. Struktur yang menyusun bagaimana file tersebut dibentuk yang lebih berisi tentang Header, Meta data dan Penanda akhir dari sebuah file.

Oleh sebab itu maka dari setiap file memiliki format yang berbeda-beda karena disesuaikan dengan struktur penyusun dari file tersebut. Format file memiliki jenis yang bersifat tertutup dan bersifat terbuka pada sifat tertutup dinamakan Closed Proprietary format dan pada format terbuka dinamakan Open Proprietary format.

Yang dimaksud dengan format file tertutup adalah format file yang tidak bisa dibuka sembarangan sehingga membutuhkan aplikasi tertentu untuk membukanya. Seperti CDR (non-documented) CorelDraw native format untuk format menggambar vektor. WMA closed format yang dimiliki oleh Microsoft.

Sedangkan untuk file terbuka atau Open format dapat dibuka dengan aplikasi yang telah mengikuti standar dari format file bersifat terbuka diantaranya adalah MP3, ZIP, PNG, GIF. Membuat format file atau pembuat aplikasi harus menyimpan file dengan format yang sesuai agar dapat dibuka dengan aplikasi lain.

Setiap aplikasi memiliki format file masing-masing dan berbeda-beda, penulisan format berada di belakang dengan disertai tanda titik atau sering disebut dengan dot. Format file menggunakan aplikasi apa yang bisa membuka file tersebut. Berikut adalah beberapa contoh dari format file.

  • .doc : Dokumen 
  • .ppt : Power Point
  • .ex : Excel
  • .Mp3 : Musik
  • .Mp4 : Video
  • .Html : Hyper Text Markup Language
  • .Jpg : Gambar
  • .Pdf : Portable Document Format

Pengertian file PDF

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa terdapat format file pdf. Pengertian dari file PDF atau Portable Document Format  itu sendiri adalah Bentuk format file untuk berbagai dokumen yang dikembangkan oleh Adobe System yang memiliki replika pada file berupa foto, teks, halaman, desain grafis, dan screenshoot. 

Pembuatan file PDF harus menggunakan aplikasi khusus atau format khusus dengan memiliki format .PDF Selain itu dalam membuka file format ini harus memiliki aplikasi khusus berupa aplikasi pembaca PDF yaitu Adobe Acrobat. Cara membuat file format PDF tidak hanya dilakukan menggunakan aplikasi api juga dapat melalui website secara online yang sudah banyak ditawarkan pada Google atau mesin pencarian Selain itu Ada cara lain yaitu dengan menggunakan komputer yang secara manual memilih menggunakan opsi .PDF sebagai penyimpanan dokumen.

Dokumen format PDF sangatlah mudah dan nyaman dibaca karena susunannya yang lebih dan tertata dengan baik menjadikan PDF banyak diminati oleh orang-orang. Selain itu file PDF juga dapat dikonversikan atau di convert menjadi bentuk format file lainnya. Begitu pula sebaliknya format file lainnya dapat berubah menjadi format file PDF.

Membahas mengenai convert atau konversi, lalu apakah yang dimaksud dengan hal tersebut. Terlebih istilah ini sering digunakan dalam proses pembuatan file. 

Apa itu convert ?

Dalam istilah teknologi komputer berarti adalah sesuatu mengubah menukar atau mengkonversi dari suatu bentuk file menjadi format yang berbeda dari sebelumnya sehingga dapat dibaca oleh aplikasi yang bersangkutan. Melakukan konversi dari format file satu dengan yang lainnya memiliki beberapa cara baik menggunakan aplikasi atau secara online dengan memanfaatkan website yang sudah ada.

Alasan melakukan konversi ini dikarenakan format file PDF memberikan tampilan yang mudah serta nyaman dibaca oleh semua orang, serta dalam melakukan proses edit tidak bisa dilakukan langsung dan harus melalui proses konversi atau melalui aplikasi khusus. Maka dari itu file PDF menjadi pilihan agar isi dari file tidak mudah berantakan.

Bentuk format file lainnya yang sering diubah menjadi bentuk PDF antara lain dari bentuk word atau dokumen dan bentuk gambar atau JPG. Lalu pertanyaannya Apakah bisa berubah menjadi file PDF?

Jawabannya tentu bisa Hal ini karena sudah banyak aplikasi maupun website yang dapat mengubah dari bentuk JPG atau gambar ke dalam bentuk PDF. Berikut adalah beberapa cara cara mengubah JPG  ke dalam bentuk PDF.

Cara mengubah JPG ke PDF online melalui website

Pada website ditampilkan banyak cara dan website untuk mengkonversi secara online dan tentunya gratis. Pengguna hanya tinggal memilih layanan mana yang akan digunakan.

  1. Langkah pertama yang dapat diterapkan adalah dengan memilih salah satu website yang akan digunakan.
  2. Kedua mengunggah file JPG yang akan dilakukan konversi atau perubahan
  3. Ketiga tunggu proses yang sedang berlangsung
  4. Setelah selesai prosesnya, kemudian unduh atau download file PDF

Dengan beberapa langkah tersebut, pengguna dapat dengan mudah memiliki file PDF dengan hasil konversi dari file JPG.

Cara mengubah JPG ke PDF di Komputer

Cara mengubah format JPG ke PDF dapat dilakukan melalui komputer tanpa harus mengunggah aplikasi converter. 

Baik komputer Mac atau Windows.

Pengguna Mac dapat menggunakan cara berikut yaitu, 

Buka file JPG > klik File > pada menu drop-down pilih Export a PDF > edit nama ekstensi > Save

Sedangkan Melalui komputer Windows 10 dapat dengan cara buka file JPG beri perintah cetak atau dapat dilakukan dengan menekan tombol CTRL + P, kemudian di pengaturan printer pilih Microsoft print to PDF, dan atur ukuran yang diinginkan, kemudian klik print dan pada halaman selanjutnya masukkan nama file,  pilih lokasi penyimpanan lalu terakhir klik save pada ada penyimpanan.

Cara mengubah JPG ke PDF dengan smartphone

Cara mengubah file JPG ke PDF dengan menggunakan smartphone gunakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengkonversi file 

  1. Pertama-tama download aplikasi pada Playstore atau Appstore dengan keyword converter file 
  2. Lalu pilih menu image atau JPG to PDF
  3. Setelah menemukan menu tersebut upload file JPG yang akan dikonversikan 
  4. Kemudian tunggu prosesnya setelah prosesnya berhasil download file tersebut 
  5. Pilih lokasi Penyimpanan file dan beri nama 
  6. Kemudian file yang sudah jadi yang dapat digunakan  

Dari beberapa cara mengubah file JPG ke PDF di atas Semoga dapat membantu proses konversi atau convert yang dilakukan untuk menghasilkan file PDF dengan baik dan sesuai yang diinginkan.

Kesimpulan

  • Convert atau konversi menjadi istilah yang tidak asing dalam teknologi
  • Penggunaan konversi selain dilakukan oleh beberapa format file
  • Format file memiliki cara-cara dan jenis-jenisnya masing-masing
  • DF dipilih karena memiliki kemampuan tampilan yang teratur rapi dan nyaman untuk digunakan
  • Oleh karena itu ada beberapa cara untuk melakukan konversi atau perubahan dari bentuk format sebelumnya ke format file PDF 

Artikel Terkait

Langganan Artikel Kami

Berlangganan dan dapatkan pemberitahuan setiap kami meluncurkan artikel terbaru.

Frame 3 (2)